KONTEN AJAR
Doa Wisuda 2017, Suara Hatinurani Lulusan

 

بِسْم اللهِ الرَّحمْنِ الرَّحِيْمِ

Dengan Menyebut Nama Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Ya Allah, Ya Tuhan kami.

Kami yang hadir di sini, telah melaksanakan prosesi Wisuda Lulusan SMA Negeri 1 Lendah Tahun 2016/2017, dengan doa ini, kami semua, yang hadir di sini, apa pun agama kami,  dengan didasari rasa CINTA YANG SANGAT TULUS kepada-Mu Yang Maha Pencipta Segala Peristiwa,  berdo’a kepada-Mu Ya Allah.

Wahai Tuhan, yang MASA DEPAN KAMI BERADA DALAM GENGGAMAN TANGAN-Mu. Jika ada takdir kami yang buruk untuk masa depan kami, mohon diganti dengan TAKDIRMU yang SANGAT BAGUS, sehingga apa pun yang akan kami lakukan untuk MENGUBAH DAN MEMPERBAIKI nasib KELUARGA KAMI dan BANGSA KAMI menjadi lancar dan sukses.

Tidak ada daya dan KEKUATAN KEBAIKAN, melaikan datang dari haribaan-Mu, wahai Yang Maha Perkasa. Kami memohon kekuatan kebaikan, dan kesegaran kesehatan dalam berjuang.

La Haula Walaa Quwwata Illa Billah.

فَإِنْ تَطْرُدْ فَمَنْ نَرْجُو سِوَاكَ

“TUHAN,

Jiika Kau campakkan HARAPAN KAMI,

dan tidak KAU HIRAUKAN do’a kami,

lantas….. kemana lagi kami mengadu?”

Ya Allah, Tuhan Yang Ampunanan-Nya Tergelar Seluas Alam Semesta!

Kami berlindung kepada-Mu ya Allah, dari marabahaya yang sumbernya justru DARI KEJAHATAN KAMI SENDIRI,  yaitu ketika kami lebih mengutamakan alpa daripada menghadiri kesibukan positif dan produktif, ketika kami lebih mengutamakan kemalasan dan hura-hura daripada GUMREGAH membangun KEJAYAAN NASIB SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN.

JIKA KEALPAAN DAN KEMALASAN  terus berlangsung, kami takut, bisa-bisa, kami tidak siap menghadapi tantangan zaman yang semakin keras, kejam dan kompleks. Oleh karena itu, kami memohon perlindungan KEPADA-MU dari marabahaya yang KENGERIANNYA TIDAK TAMPAK DAN TIDAK TERASA ini.

Ya Allah, yang Maha Penggerak Terjadinya Nasib Baik.

SEMAKIN BANYAK-BANYAK kami belajar di SMA Negeri 1 Lendah, semakin tahulah kami bahwa diri kami yang diwisuda hari ini, adalah ibarat anah panah yang disiapkan untuk TERBANG KUAT DAN CEPAT MENEROBOS MASA DEPAN: Yalni KANCAH kelanjutan belajar dan  bekerja.

Mohon diri kami dikuatkan untuk mengerjakan tugas yang SANGAT BERAT-BERAT, sehingga semuanya menjadi ringan, dan sukses.

Mohon diri kami dipintarkan untuk mengerjakan soal-soal yang SANGAT SULIT-SULIT, sehingga semuanya menjadi mudah dan sukses.

Mohon bebaskanlah diri kami dari beban-beban kesalahan dan dosa-dosa di masa lalu, agar WAJAH-WAJAH YANG KAMI HADAPKAN KE MUKA mampu mengekspresikan jiwa  optimis dan semangat membara. Sebagaimana wajah-wajah mereka yang Engkau Ridloi.

وَمَا لِأَحَدٍ عِندَهُ مِن نِّعْمَةٍ تُجْزَى ١٩ إِلَّا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِ الْأَعْلَى ٢٠ وَلَسَوْفَ يَرْضَى ٢١

Tidak satu pun kebaikan yang tidak dianugerahi imbalan berlipat ganda; BAHKAN WAJAH TUHAN YANG MAHA MULIA menyambutnya dengan mesra.

Kelak, semua lulusan SMA Negeri 1 Lendah, akan mencapai derajat sukses yang sangat indah.

Robbana Atina Fiddunya Hasanah. Wa Fil Akhiroti Hasanah. Waqina Adzabannar.

Ya Tuhan kami, sukseskanlah kami di dunia, dan sukseskanlah kami di akhirat, dan tolonglah kami agar mampu menghindar dari kesengsaraan dan malapetaka!

La Haula Walaa Quwwata Illa Billah.

فَإِنْ تَطْرُدْ فَمَنْ نَرْجُو سِوَاكَ

“TUHAN,

Jiika Kau campakkan HARAPAN KAMI,

dan tidak KAU HIRAUKAN do’a kami,

lantas….. kemana lagi kami mengadu?”

SUBHANA ROBBIKA ROBBIL IZZATI AMMA YASHIFUN, WA SALAAMUN ALAL MURSALIIN, WAL HAMDULILLAHI RABBIL ALAMIEN.

Aamin.