BERITA
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di SMA Negeri 1 Lendah

Hari Kamis, 1 Juni 2017 bertempat di Lapangan Olah Raga SMA Negeri 1 Lendah ttelah berlangsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, dengan tema: ”Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Bapak Kepala Sekolah, yakni Bapak Drs. Didik Asmiarto, M.Pd.Si Semua Siswa dan Bapak Ibu Guru dan Staf Tata Usaha mengikuti Upacara dengan hikmad.

Di dalam teks Sambutan Presiden yang dibacakan oleh  Pembina Upacara dikatakan bahwa Berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak tanggal 17 Agustus 1945 bukanlah suatu “bangsa baru “yang dapat dipisahkan dari sejarah. Kesuksesan dalam menyatukan Bangsa Indonesia yang majemuk dan plural mengalami proses sejarah yang tidak singkat dan memerlukan pengorbanan oleh para pendahulu kita. Meskipun Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan plural namun tetap menjadi satu kesatuan sebab lahirnya Pancasila.

Dinyatakan lebih lanjut bahwa saat ini, ancaman pemecah belah bangsa Indonesia tidak hanya berasal dari luar Indonesia tetapi juga berasal dari dalam Indonesia. Sebagai generasi penerus kehidupan negara Republik Indonesia wajib mengetahui mengenai sejarah lahirnya Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Tema peringatan hari lahir Pancasila tahun 2017, yang nantinya akan diperingati setiap tanggal 1 Juni adalah ”Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Adapun tujuan dari penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila ini adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berikut ini foto-foto kegiatan pada Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, Kamis, 1 Juni 2017 di kampus SMA Negeri 1 Lendah.

Dengan adanya Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 oleh segenap civitas akademica SMA Negeri 1 Lendah ini diharapkan ke depannya nilai-nilai luhur yang terkandung dalam lima sila Pancasila benar-benar diaplikasikan oleh mereka dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah ataupun pada pergaulan masyarakat luas.

Dengan demikian upaya belajar dalam meraih kesuksesan studi dan karir akan lebih lancar hingga tercapainya cita-cita.

Kontributor: Tim Redaksi.