Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Lendah, Penunjang Literasi & Penopang Pustaka Belajar

SMA Negeri 1 Lendah sejak berdirinya pada tahun 1984, sudah dilengkapi dengan Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Lendah, dan kini semakin nyata sebagai Penunjang Utama Kegiatan Literasi Siswa, Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Untuk pendahuluan – sebelum masuk ke Link Senayan dan Perpustakaan Nasional –  buat mengenal dan mengoptimalkan pemanfaatan Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Lendah, berikut disampaikan informasi dasar mengenai Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah.

  1. Struktur Organisasi Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah

2. Tata Tertib Pangunjung Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah

3 Foto-foto Pengunjung Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah

4. Acuan Akreditasi Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah

Komponen dan Indikator Kunci Akreditasi Perpustakaan Sekolah

NO

KOMPONEN

JUMLAH INDI-KATOR KUNCI

BOBOT

1

Layanan

12

20

2

Kerja sama

2

5

3

Koleksi

10

15

4

Pengorganisasian bahan perpustakaan

3

10

5

Sumber daya manusia

11

15

6

Gedung/ruang, sarana prasarana

33

10

7

Anggaran

3

10

8

Manajemen perpustakaan

4

10

9

Perawatan koleksi perpustakaan

2

5

 

Jumlah

80

100%

 

I.     Komponen Layanan,  Total Nilai : 60

No.

Aspek Layanan

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

1

Jam buka perpustakaan per minggu

a.       Lebih dari 48 jam

b.       42 – 48 jam

c.        36 – 41 jam

d.       12 – 35 jam

e.       kurang dari 12 jam

2

Sistem peminjaman buku

a.       Sistem otomasi, manual

b.       Sistem otomasi

c.        Manual dengan menggunakan sistem kartu/brown

d.       Manual dengan sistem buku besar atau cara lainnya

e. Tidak ada sistem yang diterapkan

3

Prosentase jumlah siswa yang menjadi anggota perpustakaan

a.       Lebih dari 80%

b.       61% – 80%

c.        51% – 60%

d.       21% – 50%

e.       kurang dari 20%

4

Prosentase jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi anggota

a.       Lebih dari 80%

b.       61% – 80%

c.        51% – 60%

d.       21% – 50%

e.       Kurang dari 20%

5

Jumlah rata-rata buku yang dipinjam per bulan dalam satu tahun

a.      Lebih dari 1.750 judul

b.      1.501 – 1.750 judul

c.       1.251 – 1.500 judul

d.      1.001 – 1.250 judul

e.      Kurang dari 1.001 judul

6

Jenis promosi yang pernah dilaksanakan (misalnya brosur, lomba, pameran, penyebaran daftar buku terbaru) per-tahun

a.       Lebih dari 4 jenis

b.       4 jenis

c.        3 jenis

d.       1 – 2 jenis

e.       Belum pernah melaksanakan promosi

7

Jumlah promosi perpustakaan per tahun

a.       Lebih dari 4 kali

b.       4 kali

c.        3 kali

d.       1 – 2 kali

e.       Belum pernah melaksanakan promosi

8

Penelusuran informasi fisik (buku) ke koleksi

a.       OPAC dan katalog manual

b.       OPAC

c.        Katalog manual

d.       Daftar judul buku

e.       Tidak ada

9

Penelusuran informasi intelektual ke sumber daya informasi

a.       Online

b.       Offline dan online

c.        Manual dan elektronik offline

d.       Secara manual

e.       Tidak ada

10

Literasi informasi (pendidikan pemustaka, orientasi perpustakaan, dll) dalam 2 tahun terakhir

a.       lebih dari 3 kali

b.       3 kali

c.        2 kali

d.       1 kali

e.       Belum pernah melaksanakan literasi informasi

11

Otomasi perpustakaan

a.       Pencatatan dalam buku induk (inventarisasi), pengkatalogan, penelusuran dan sirkulasi

b.       Pencatatan dalam buku induk (inventarisasi), pengkatalogan, penelusuran

c.        Pencatatan dalam buku induk (inventarisasi)

d.       Dalam persiapan pengadaan

e.       Tidak ada

12

Layanan yang diberikan perpustakaan

a.       layanan baca ditempat, sirkulasi, penelusuran informasi, bimbingan pemakai dan fotocopy

b.       layanan baca ditempat, sirkulasi, penelusuran informasi, dan bimbingan pemakai

c.        layanan baca ditempat, sirkulasi, dan penelusuran informasi.

d.       layanan baca ditempat dan sirkulasi

e.       layanan baca di tempat

 

II.  Komponen Kerja sama,  Total Nilai : 10

No.

Aspek Kerja sama

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

1

Jumlah kerja sama pengembangan perpustakaan dengan komunitas lingkungan sekolah (kepala sekolah, guru bidang studi, murid, orang tua murid) per tahun

a.          Lebih dari 3 kali

b.          3 kali

c.          2 kali

d.          1 kali

e.          Belum pernah mengadakan Kerja sama

2

Jumlah Kerja sama pengembangan perpustakaan dengan komunitas lingkungan di luar sekolah (perpustakaan nasional, perpustakaan provinsi, perpustakaan umum kab/kota, perp perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan sekolah lain) per tahun

a.       Lebih dari 3 kali

b.       3 kali

c.        2 kali

d.       1 kali

e.       Belum pernah mengadakan Kerjasama

 

III.  Komponen Koleksi,  Total Nilai : 55

NO

Aspek Koleksi

Pilihan Jawaban

(pilih salah satu jawaban)

1

Jumlah buku cetak yang dimiliki

a.       Lebih dari 3000 judul

b.       2001 – 3000 judul

c.        1001 – 2000 judul

d.       501 – 1000 judul

e.       Kurang dari 500 judul

2

Jumlah buku elektronik (e-book) yang dimiliki

a.       Lebih dari 1000 judul

b.       501 – 1000 judul

c.        251 – 500 judul

d.       101 – 250 judul

e.       Kurang dari 100 judul

3

Prosentase koleksi nonfiksi dari keseluruhan koleksi 

a.       Lebih dari 60%

b.       51% – 60%

c.        41% – 50%

d.       31% – 40%

e.       Kurang dari 30 %

4

Judul buku referens yang dimiliki (misalnya kamus, ensiklopedia direktori, handbook/manual, atlas, globle,  dll)

a.       Lebih dari 50 judul

b.       41 – 50 judul

c.        31 – 40 judul

d.       21– 30 judul

e.       Kurang dari 20 judul

5

Surat kabar yang dilanggan

a.       Lebih dari 3 judul

b.       3 judul

c.        2 judul

d.       1 judul

e.       Tidak melanggan surat kabar

6

Majalah yang dilanggan

a.       Lebih dari 3 judul

b.       3 judul

c.        2 judul

d.       1 judul

e.       Tidak melanggan majalah

7

CD, Kaset, DVD, CDR  pembelajaran yang dimiliki

a.       Lebih dari 200 keping

b.       101 – 200 keping

c.        51 – 100 keping

d.       25 – 50 keping

e.       Kurang dari 25 keping

8

Brosur , leaflet, pamflet  yang dimiliki

a.       Lebih dari 15 judul

b.       11 – 15 judul

c.        6 – 10 judul

d.       1 – 5 judul

e.       Tidak memiliki Brosur , leaflet, pamflet 

9

Koleksi khusus (karya tulis siswa, kliping, dan lain-lain) yang dimiliki

a.       Lebih dari 300 judul

b.       201 – 300 judul

c.        101 – 200 judul

d.       Kurang dari 100 judul

e.       Tidak memiliki Koleksi

10

Prosentase penambahan koleksi per tahun

a.       Lebih dari  16 %

b.       11 –  16%

c.        6 – 10 %

d.       3 – 5 %

e.       kurang dari 3 %