SMA Negeri 1 Lendah sejak berdirinya pada tahun 1984, sudah dilengkapi dengan Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Lendah, dan kini semakin nyata sebagai Penunjang Utama Kegiatan Literasi Siswa, Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Untuk pendahuluan – sebelum masuk ke Link Senayan dan Perpustakaan Nasional – buat mengenal dan mengoptimalkan pemanfaatan Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Lendah, berikut disampaikan informasi dasar mengenai Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah.
- Struktur Organisasi Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah
2. Tata Tertib Pangunjung Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah
3 Foto-foto Pengunjung Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah
4. Acuan Akreditasi Perpustakaan SMA Negeri 1 Lendah
Komponen dan Indikator Kunci Akreditasi Perpustakaan Sekolah
NO |
KOMPONEN |
JUMLAH INDI-KATOR KUNCI |
BOBOT |
1 |
Layanan |
12 |
20 |
2 |
Kerja sama |
2 |
5 |
3 |
Koleksi |
10 |
15 |
4 |
Pengorganisasian bahan perpustakaan |
3 |
10 |
5 |
Sumber daya manusia |
11 |
15 |
6 |
Gedung/ruang, sarana prasarana |
33 |
10 |
7 |
Anggaran |
3 |
10 |
8 |
Manajemen perpustakaan |
4 |
10 |
9 |
Perawatan koleksi perpustakaan |
2 |
5 |
Jumlah |
80 |
100% |
I. Komponen Layanan, Total Nilai : 60
No. |
Aspek Layanan |
Pilihan Jawaban |
(pilih salah satu jawaban) |
||
1 |
Jam buka perpustakaan per minggu |
a. Lebih dari 48 jam |
b. 42 – 48 jam |
||
c. 36 – 41 jam |
||
d. 12 – 35 jam |
||
e. kurang dari 12 jam |
||
2 |
Sistem peminjaman buku |
a. Sistem otomasi, manual |
b. Sistem otomasi |
||
c. Manual dengan menggunakan sistem kartu/brown |
||
d. Manual dengan sistem buku besar atau cara lainnya |
||
e. Tidak ada sistem yang diterapkan |
||
3 |
Prosentase jumlah siswa yang menjadi anggota perpustakaan |
a. Lebih dari 80% |
b. 61% – 80% |
||
c. 51% – 60% |
||
d. 21% – 50% |
||
e. kurang dari 20% |
||
4 |
Prosentase jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi anggota |
a. Lebih dari 80% |
b. 61% – 80% |
||
c. 51% – 60% |
||
d. 21% – 50% |
||
e. Kurang dari 20% |
||
5 |
Jumlah rata-rata buku yang dipinjam per bulan dalam satu tahun |
a. Lebih dari 1.750 judul |
b. 1.501 – 1.750 judul |
||
c. 1.251 – 1.500 judul |
||
d. 1.001 – 1.250 judul |
||
e. Kurang dari 1.001 judul |
||
6 |
Jenis promosi yang pernah dilaksanakan (misalnya brosur, lomba, pameran, penyebaran daftar buku terbaru) per-tahun |
a. Lebih dari 4 jenis |
b. 4 jenis |
||
c. 3 jenis |
||
d. 1 – 2 jenis |
||
e. Belum pernah melaksanakan promosi |
||
7 |
Jumlah promosi perpustakaan per tahun |
a. Lebih dari 4 kali |
b. 4 kali |
||
c. 3 kali |
||
d. 1 – 2 kali |
||
e. Belum pernah melaksanakan promosi |
||
8 |
Penelusuran informasi fisik (buku) ke koleksi |
a. OPAC dan katalog manual |
b. OPAC |
||
c. Katalog manual |
||
d. Daftar judul buku |
||
e. Tidak ada |
||
9 |
Penelusuran informasi intelektual ke sumber daya informasi |
a. Online |
b. Offline dan online |
||
c. Manual dan elektronik offline |
||
d. Secara manual |
||
e. Tidak ada |
||
10 |
Literasi informasi (pendidikan pemustaka, orientasi perpustakaan, dll) dalam 2 tahun terakhir |
a. lebih dari 3 kali |
b. 3 kali |
||
c. 2 kali |
||
d. 1 kali |
||
e. Belum pernah melaksanakan literasi informasi |
||
11 |
Otomasi perpustakaan |
a. Pencatatan dalam buku induk (inventarisasi), pengkatalogan, penelusuran dan sirkulasi |
b. Pencatatan dalam buku induk (inventarisasi), pengkatalogan, penelusuran |
||
c. Pencatatan dalam buku induk (inventarisasi) |
||
d. Dalam persiapan pengadaan |
||
e. Tidak ada |
||
12 |
Layanan yang diberikan perpustakaan |
a. layanan baca ditempat, sirkulasi, penelusuran informasi, bimbingan pemakai dan fotocopy |
b. layanan baca ditempat, sirkulasi, penelusuran informasi, dan bimbingan pemakai |
||
c. layanan baca ditempat, sirkulasi, dan penelusuran informasi. |
||
d. layanan baca ditempat dan sirkulasi |
||
e. layanan baca di tempat |
II. Komponen Kerja sama, Total Nilai : 10
No. |
Aspek Kerja sama |
Pilihan Jawaban |
(pilih salah satu jawaban) |
||
1 |
Jumlah kerja sama pengembangan perpustakaan dengan komunitas lingkungan sekolah (kepala sekolah, guru bidang studi, murid, orang tua murid) per tahun |
a. Lebih dari 3 kali |
b. 3 kali |
||
c. 2 kali |
||
d. 1 kali |
||
e. Belum pernah mengadakan Kerja sama |
||
2 |
Jumlah Kerja sama pengembangan perpustakaan dengan komunitas lingkungan di luar sekolah (perpustakaan nasional, perpustakaan provinsi, perpustakaan umum kab/kota, perp perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan sekolah lain) per tahun |
a. Lebih dari 3 kali |
b. 3 kali |
||
c. 2 kali |
||
d. 1 kali |
||
e. Belum pernah mengadakan Kerjasama |
III. Komponen Koleksi, Total Nilai : 55
NO |
Aspek Koleksi |
Pilihan Jawaban |
(pilih salah satu jawaban) |
||
1 |
Jumlah buku cetak yang dimiliki |
a. Lebih dari 3000 judul |
b. 2001 – 3000 judul |
||
c. 1001 – 2000 judul |
||
d. 501 – 1000 judul |
||
e. Kurang dari 500 judul |
||
2 |
Jumlah buku elektronik (e-book) yang dimiliki |
a. Lebih dari 1000 judul |
b. 501 – 1000 judul |
||
c. 251 – 500 judul |
||
d. 101 – 250 judul |
||
e. Kurang dari 100 judul |
||
3 |
Prosentase koleksi nonfiksi dari keseluruhan koleksi |
a. Lebih dari 60% |
b. 51% – 60% |
||
c. 41% – 50% |
||
d. 31% – 40% |
||
e. Kurang dari 30 % |
||
4 |
Judul buku referens yang dimiliki (misalnya kamus, ensiklopedia direktori, handbook/manual, atlas, globle, dll) |
a. Lebih dari 50 judul |
b. 41 – 50 judul |
||
c. 31 – 40 judul |
||
d. 21– 30 judul |
||
e. Kurang dari 20 judul |
||
5 |
Surat kabar yang dilanggan |
a. Lebih dari 3 judul |
b. 3 judul |
||
c. 2 judul |
||
d. 1 judul |
||
e. Tidak melanggan surat kabar |
||
6 |
Majalah yang dilanggan |
a. Lebih dari 3 judul |
b. 3 judul |
||
c. 2 judul |
||
d. 1 judul |
||
e. Tidak melanggan majalah |
||
7 |
CD, Kaset, DVD, CDR pembelajaran yang dimiliki |
a. Lebih dari 200 keping |
b. 101 – 200 keping |
||
c. 51 – 100 keping |
||
d. 25 – 50 keping |
||
e. Kurang dari 25 keping |
||
8 |
Brosur , leaflet, pamflet yang dimiliki |
a. Lebih dari 15 judul |
b. 11 – 15 judul |
||
c. 6 – 10 judul |
||
d. 1 – 5 judul |
||
e. Tidak memiliki Brosur , leaflet, pamflet |
||
9 |
Koleksi khusus (karya tulis siswa, kliping, dan lain-lain) yang dimiliki |
a. Lebih dari 300 judul |
b. 201 – 300 judul |
||
c. 101 – 200 judul |
||
d. Kurang dari 100 judul |
||
e. Tidak memiliki Koleksi |
||
10 |
Prosentase penambahan koleksi per tahun |
a. Lebih dari 16 % |
b. 11 – 16% |
||
c. 6 – 10 % |
||
d. 3 – 5 % |
||
e. kurang dari 3 % |