Latihan Kedewasaan Sosial-Emosional Melalui PIK-R Remaja

Hari Jumat adalah hari yang ditungu-tunggu oleh semua siswa anggota PIK-R Remaja SMA Negeri 1 Lendah. Pada hari itu, sehabis Sholat Jumat, mereka bertemu kembali untuk mengadakan latihan di dalam wadah PIK-R Remaja.

Apalagi sebelum Jumatan, mereka juga mendapatkan bahan-bahan hasil pembinaan dari Polres Kulon Progo tentang Bahaya Narkoba dan Sikap Radikal Inteloran.

Dengan berbekal pasokan informasi konten PIK-R Remaja (50% datang dari Guru Pembimbing, dan 50% dari upaya pencarian oleh siswa itu sendiri),  pada Jumat, 10 November 2019 mereka berlatih dengan  tema “Membina Kedewasaan Sosial-Emosional”. 

Pada kegiatan tersebut mereka melakukan simulasi dengan teknik Bermain Peran, memeragakan keagungan sikap orang-orang yang bertanggung jawab, dan kehinaan sikap orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Agenda pelatihan yang berlangsung 1 jam (60 menit) tersebut, dipuncaki momentum  Focus Group Discussion, membawakan tema “Mendeskripsikan Sikap Bertanggung Jawab Ketika Menjawab Ajakan Destruktif Teman“.

Dari kegiatan semacam itu, mereka bisa lebih memahami konten pelatihan dan memraktikkannya.

Mereka berlatih berbicara di depan orang banyak, saling mengoreksi keruntutan dalam berbahasa dan mengutarakan pikiran.

Mereka juga menjadi terlatih dalam mengekspresikan keagungan sikap sebagai Remaja-Pelajar yang makin dewasa.

Bertanggung jawab meningkatkan kompetensi  sebagai penyandang peran Remaja Intelektual Anak Bangsa.