SMAN 1 LENDAH MEMPERINGATI HARI ANAK NASIONAL 2018

Bagi segenap sivitas akademikanya, SMAN 1 Lendah Kulon Progo merupakan Garda Depan dalam memperingati, menghayati dan merealisasikan semangat Hari Anak Nasional, yangi dijabarkan ke dalam 31 butir Perlindungan Anak.

Peringatan Hari Anak Nasional dan Daerah itu sendiri diperintati dalam bentuk Apel Pagi, mulai pkl 07.00,  Senin, 23 Juli 2018 di Lapangan Basket sekolah.

Memang, pada hari dan waktu yang sama Hari Anak Nasional diperingati dan dirayakan di berbagai daerah di seluruh NKRI. Semua bangsa Indonesia sepakat harus mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak.

ANAK Indonesia ialah anak yang genius (gesit, empati, berani, unggul, dan sehat), yang diharapkan menjadi bagian dari masa depan bangsa. Karenanya anak Indonesia harus terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang menyangkut anak-anak.

Kita harus mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak. Hari Anak Nasional  merupakan hari yang sepenuhnya menjadi milik anak Indonesia sehingga setiap anak Indonesia memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam berbagai kegiatan positif.

Itulah sebabnya, pada peringatan Hari Anak Nasional  2018, para anak Indonesia tidak hanya menjadi peserta, tetapi sekaligus menjadi pelaku utama kegiatan ini. Semua oreangi tua dan pendidik patut mengapresiasi keberanian, semangat, dan partisipasi anak Indonesia.

Bila dibuka kembali isi yang tercantum dalam UU Nomor 35 Tahun 2014, akan didapati bahwa: Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Perlindungan Anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi Anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.Anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Agar kelak mampu bertanggung jawab dalam keberlangsungan bangsa dan negara, setiap Anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental, maupun sosial. Untuk itu, perlu dilakukan upaya perlindungan untuk mewujudkan kesejahteraan Anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya tanpa perlakuan diskriminatif.

Negara menjunjung tinggi hak asasi manusia, termasuk di dalamnya hak asasi Anak yang ditandai dengan adanya jaminan perlindungan dan pemenuhan Hak Anak dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan beberapa ketentuan peraturan perundang- undangan baik yang bersifat nasional maupun yang bersifat internasional. Jaminan ini dikuatkan melalui ratifikasi konvensi internasional tentang Hak Anak, yaitu pengesahan Konvensi Hak Anak melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of The Child (Konvensi Tentang Hak-Hak Anak).

Negara, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Masyarakat, Keluarga dan Orang Tua berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan menjamin terpenuhinya hak asasi Anak sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya. Perlindungan terhadap Anak yang dilakukan selama ini belum memberikan jaminan bagi Anak untuk mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sesuai dengan kebutuhannya dalam berbagai bidang kehidupan, sehingga dalam melaksanakan upaya perlindungan terhadap Hak Anak oleh Pemerintah harus didasarkan pada prinsip hak asasi manusia yaitu penghormatan, pemenuhan, dan perlindungan atas Hak Anak.

Silakan jika Anda ingin MEMBACA atau sekaligus MENGUNDUH Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dengian KLIK DI SINI

Berikut ini VIDEO dan foto-foto kegiatan tersebut.

https://photos.app.goo.gl/hiqYUUwgxsNXbaAD8

https://photos.app.goo.gl/VfW1tSUejqvYwsyi6

https://photos.app.goo.gl/kEMjuX1MA8s9jEwKA

https://photos.app.goo.gl/CwxRrw9ajuBtUQhd8

https://photos.app.goo.gl/QQZRemkNiZxhkt6E6

https://photos.app.goo.gl/FuE7vJfdFsgwJxMc6

https://photos.app.goo.gl/RRPwapXJK6N8k3nx5

https://photos.app.goo.gl/cuFtF5mfonAjxPZU7

https://photos.app.goo.gl/yx89MCJXp7GKdsNM8

https://photos.app.goo.gl/8EdUefHrBLzC2LiZ8

https://photos.app.goo.gl/Re5Sy9iM8b2LLnw7A

Terima kasih, sudah peduli kepada sekolah kami.. Mohon tulis kesan dan masukan pada SPACE comment di bawah ini. 

(smt.my)