Hari Pertama Masuk Sekolah, 17 Juli 2017, Pendidikan Berjalan Efektif

Matahari Pagi hari pertama masuk sekolah bercahaya cemerlang,  menyehatkan, begitu juga dengan wajah-wajah para pendidik, para siswa SMA Negeri 1 Lendah, dan juga termasuk siswa baru kelas X, yang kali ini terpaksa masih berpakaian ‘ala  SMP, yakni pakai celana dan rok biru.

Aktivitas pertama adalah Upacara Bendera. Pembina Upacara, Bapak Kepala Sekolah, pada kesempatan itu mengucapkan selamat datang, selamat belajar, dan menyampaikan hal-hal baru yang akan dilaksanakan mulai hari pertama tahun ajaran 2017/2018. Pada garis besarnya adalah sebagai berikut.

(1) Para siswa dan semua pendidik harus sudah sampai di sekolah setiap pagi pkl 06.45, menandatangani presensi, dan kemudian masuk kelas masing-masing; (2), tepat pukul 07.00 semua siswa dipimpin oleh Guru yang mengajar pada Jam Pertama melaksanalkan: (a). Dengan sikap berdiri menyanyikan Lagu Wajib; (b) Disusul dengan berdoa memulai belajar, kemudian (c) membaca buku non pelajaran, yang harus diringkas, ini disebut kegiatan Literasi. Aktivitas tersebut berjalan selama 15 menit, baru kemudian dimulailah kegiatan Pembelajaran Mata Pelajaran jam Pertama, sesuai jadwal di kelasnya masing-masing. Pada hari Jumat, siswa melaksanakan (1) Jumat Bersih, (2) Jumat Sehat, dan (3) Ibadah Jumat selama 1 jam Pelajaran Pertama.

Aktivitas Hari Pertama Masuk Sekolah tersebut dilanjutkan dengan Pembacaan Ikrar Saling Memaafkan, yang disusul dengan saling bersalam-salaman. Para Pendidik berbaris satu jajar berdekatan dengan dinding pembatas sebelah selatan, kemudian semua siswa dengan antre berurutan bersalaman dengan semua Pendidik. Kegiatan ini berlangsung, sambil menyenandungkan Sholawat Nabi.

Kemudian semua siswa diminta masuk ke kelasnya masing-masing. Dengan dipimpin wali kelas, mereka melakukan pembentukan Pengurus Kelas, mencatat Jadwal pelajaran, dan melakukan kebersihan dan menata kelas. Khusus para siswa Kelas X, mereka melakukan Program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS).

Hingga jam terakhir aktivitas hari pertama ini berjalan secara efektif, dengan hasil-hasil yang memuaskan. Berikut ditampilkan sebagian dari foto-foto kegiatan tersebut.